Senin, 02 Desember 2013

Waktu = Kehidupan

Diposting oleh Nisull (Annisa Rahma) di 03.23



Manusia tidak dapat dilepaskan dari waktu karena perjalanan hidup manusia sama dengan perjalanan waktu itu sendiri. Waktu bukanlah sesuatu yang asing untuk kita? Karena dalam kehidupan sehari-hari setiap orang tidak lepas dari waktu dan setiap orang selalu dibatasi oleh waktu. Seperti kalimat dari Ibnul Jauzi,

“ waktu adalah kehidupan. Kehidupan manusia tidak lain adalah waktu yang ia lewati dari saat ia dilahirkan sampai meninggal. “

Banyak waktu yang telah kita lewati baik itu waktu susah maupun senang. Dengan banyaknya waktu yang telah dilewati, mungkin saja waktu itu tidak dapat kita ukur. Tetapi, waktu ternyata bisa diukur dalam hal apa saja. Contohnya : umur. Waktu berarti umur. Waktu yang berharga adalah waktu yang terisi oleh aktifitas –aktifitas ibadah. Umur yang berharga adalah umur yang berisi oleh kebajikan. Alangkah beruntungnya seseorang yang dikaruniai oleh Allah SWT sebuah kemampuan untuk memanfaatkan waktu hidupnya sebelum waktu matinya.

Sebuah kutipan pepatah bijak tentang makna Sang Waktu…

Untuk memahami makna SATU TAHUN,
Tanyalah pada siswa yang tidak naik kelas …
Untuk memahami makna SATU BULAN,
Tanyalah pada ibu yang melahirkan bayi prematur …
Untuk memahami makna SATU MINGGU,
Tanyalah pada editor majalah mingguan …
Untuk memahami makna SATU JAM,
Tanyalah pada gadis yang sedang menunggu kekasihnya …
Untuk memahami makna SATU MENIT,
Tanyalah pada seseorang yang ketinggalan kereta …
Untuk memahami makna SATU DETIK,
Tanyalah pada seseorang yang selamat dari kecelakan …
Untuk memahami makna SATU MILI DETIK,
Tanyalah pada pelari mendali perak olimpiade …

Begitu berharganya waktu walau hanya satu mili detik pun waktu yang ada. Karena waktu yang sudah berlalu tidak akan kembali lagi. Pada dasarnya lama atau sebentar waktu yang ada, itulah arti yang sebenarnya. Namun sudah sadarkah kita bahwa waktu terus menerus berlalu.

Kehidupan kita ini berjalan terus beriringan dengan Sang Waktu. Waktu sangat penting untuk kita. Oleh karena itu sudah seharusnya kita menghemat dan mempergunakannya dengan seefesien mungkin, karena waktu yang berlalu tidak akan pernah balik berlaku lagi. Waktu akan terus menerus berjalan, tidak akan berhenti, dia tidak dapat menunggu kita, dan tak akan pernah kembali.

Pergantian tahun selalu kita alami atau rasakan?
Dan dengan pergantian waktu itu ada sebagian orang yang cemas dan bahkan takut, karena bertambahnya umur, berarti berkurangnya kesempatan kita untuk hidup didunia ini. Tapi sebagian orang yang hebat selalu bisa berjalan beriringan dengan waktu . karena waktu tidak bisa menunggu kita.

Didalam kehidupan sang waktu seolah-olah membuat lingkaran kehidupan menjdai amat pendek. Dimulai dari kelahiran, kemudian masuk kedunia pendidikan, kemuadian masuk ke dunia kerja, kemudian masuk ketahap menikah , dan diakhiri pada masa akhir kehidupan yaitu kematian.

Terkadang manusia merasakan waktu secara berbeda, dan bahwa terkadang manusia dapat merasakan sangat singkat sebagai sesuatu yang lama, dan waktu yang sangat lama bisa dirasakan sebagai sesuatu yang sangat cepat.

Ternyata waktu itu merupakan sebuah nikmat. Seperti nikmat –nikmat yang lain , jika berada dalam genggaman kita maka kita kurang bisa merasakannya dan bahkan menghargainya. Tetapi akan berharganya waktu jika ia pergi dan tak mungkin kembali. Maka dalam kondisilah kita baru berkhayal atau memimpikan agar waktu bisa berulang. Akan tetapi sesal yang kemudian tidak berguna. 
Waktu = hidup. Jika anda menyianyiakan waktu anda maka anda menyianyiakan hidup anda. Oleh itu kuasai waktu anda , maka anda menguasai hidup anda.


وَالْعَصْرِ (١) إِنَّ الإنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (٢) إِلا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Artinya :

1.      Demi Masa
2.      Sungguh manusia berada dalam kerugian
3.      Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.

Ayat diatas berisi tentang menghargai sebuah waktu, karena manusia hidup dibumi ini sangat singkat sekali. Oleh karena itu sudah selayaknya kita menggunakan waktu dengan sebaik mungkin agar tidak termasuk dalam kategori orang-orang yang rugi.

Kesimpulannya adalah yang paling mudah dipahami dari waktu adalah selama kita masih diberikan kesempatan menikmatinya merupakan pertanda kita masih dipercaya menjalani kehidupan. Kalau perjalanan waktu sudah tidak boleh kita lalui, berarti kita sudah pension dari kehidupan ini.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Dream, Believe, and Make It Happen!!! Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos